Rabu, 10 Oktober 2012

Cara memotong background foto dengan Photoshop

Halo teman-teman disini saya akan memberikan tutorial
bagaimana cara memotong gambar/background di Photoshop, yah meskipun ini tutorialnya udah banyak tersebar  tapi gak apa-apa kan?? hehe :D

Disini saya menggunakan Adobe Photoshop cs5, secara garis
besar penggunaannya sama saja dengan versi yang lain karena pada pemotongan background di photosohop  tools yang di pakai sama , jadi gak usah khawatir
D:


Langsung saja cekidot...


1.      Pertama-tama siapkan gambar yang akan di potong terlebih dahulu, contohnya saya akan menggunakan foto teman saya yg ini :


2.      Lalu buka program Photoshopnya lalu klik menu File -> Open (Ctrl+O) , dan cari dimana foto yang anda akan edit Lalu Klik Open,

maka gambar akan tampil di pada stage/lembar kerja photoshop :



3.      Lalu Duplicate foto untuk "cadangan" kalau-kalau terjadi kesalahan dalam pengeditan nanti  klik kanan layernya -> Duplicate Layer... (Ctrl + J) Dan matikan icon mata agar layer bawah tidak terlihat,



4.      Untuk memotong background sebenarnya banyak cara untuk melakukannya tapi disi saya akan menggunakan Quick Selection Tool (W)


5.      Lalu klik foto nya (Layer 1 copy) dan mulailah mengseleksi background dengan mengklik dan Drag menggunakan Quick selection Tool (+)
 


6.      Lihatlah di pengaturan Properties pada Quick Selection Tool ada beberapa pengaturan sebagai berikut :



1.      pengaturan seleksi, jika tanda (+) menambah seleksi, jika tanda (-) Mengurangi seleksi
2.      pengaturan ukuran Tool tinggal anda mainkan saja tool-tool yang ini oke :D

7.      Setelah semua background terseleksi, Tekan Delete pada Keyboard maka akan jadi seperti ini:



8.      Dan klik kanan - > Deselect (Ctrl+D)  untuk mengakhiri seleksi,,,,
selamat anda telah berhasil memotong background di Photoshop :D 
Tak lengkap rasanya bila hanya memotong saja, (bahasanya alay :D) kita kasih background yuk,,,

9.      Oke cari gambar yang akan di jadikan background dengan Klik menu File -> Open dan Open gambarnya, misalnya saya akan menggunakan gambar ini :


10.     Setelah gambar di Open, maka gambar di Duplicate (Ctrl+J) terlebih dahulu dan drag gambar ke layer foto nya , , ( Lihat gambar ini)



9.      Maka kira-kira akan jadi seperti ini ,, loh ko ilang fotonya,????? Haha tenang aja,temen2 tinggal atur letak layer nya aja dengan mendrag layer tersebut ke bawah (Ctrl+[) semakin letak layer kebawah maka semakin bawah juga letak gambar kita dan begitu juga sebaliknya,,


 akan jadi seperti ini


Dan selesai ,,selamat untuk anda ^_^ 
tips : buatlah suatu text agar lebih kelihatan menarik 

hasil akhir: 

oke teman2 sekian dulu dari saya Assalamualaikum..
Semoga bermanfaat..

20 komentar:

  1. Balasan
    1. sama" gan smoga bermanfaat, thx udh berkunjung ^_^

      Hapus
    2. Thanks ya Gan,
      maksih udha berbagi ilmunya

      Hapus
    3. @Opan sama" gan smoga bermanfaat , maaf kalau masi banyak yg kurang jelas ,. :)

      Hapus
  2. makasih gan sangat sangat bermanfaat banget .... makasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. you're welcome, smoga bermanfaat :)

      Hapus
  3. matur nuwon mas bro...

    BalasHapus
  4. sippp,makasih gan atas infonya ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan, thx udh berkunjung :)

      Hapus
  5. thx gan ,ooh iyah share bnyk ilmu nya lagi yah gan sukses slalu bwt blog nya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin, thx gan insyaalloh sya akan buat tutorial lagi ^_^

      Hapus
  6. Thanks Sob, Nice Info :)

    Visit Back ya > http://taufiq-zakaria.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan sama-sama :v pasti di visit

      Hapus
  7. Balasan
    1. hihi thx bro smoga bermanfaat. pdhl ini post udh lama ...

      Hapus